Begitu banyak tantangan yang menanti membuat kita akan menghadapi berbagai macam kegagalan. Tentunya semua itu pasti ada solusinya. Berikut adalah tips and trick agar setiap kegagalan yang terjadi dapat diatasi dengan mudah.
1) Lose like a Warrior, win like a hero! (Gagal seperti pejuang, berhasil seperti seoarang pahlawan)
Hal ini menyangkut mindset pada diri Anda sendiri. Seperti orang yang tersesat, Anda harus menyadari penuh situasi yang Anda hadapi baru Anda bisa memutuskan langkah selanjutnya.
2) If you can’t change the world, then change yourselves! (Jika anda tidak bisa mengubah dunia, ubahlah diri anda)
Saat semuanya menjadi buntu, hanya Anda sendiri yang mampu mengubahnya. Apabila Anda melakukan langkah ini dengan baik, langkah-langkah selanjutnya tentu akan teras lebih mudah untuk dijalani.
3) Semangat! Semangat! Semangat!
Semangat adalah suatu hal yang abstrak, tetapi sangat luar biasa efeknya. Bangkitkan semangat untuk bangkit dari keterpurukan merupakan kunci penting dari suatu kesuksesan. Dengan semangat, Anda akan mempercepat proses penyembuhan Anda dari luka-luka batin.
4) Gagal itu bukan sebuah  aib, bangkit itu bukan muka tembok.
Hargai diri Anda. Belajarlah untuk menerima dan menghadapi kenyataan bahwa segala sesuatu di dunia ini tidak sempurna.
5) Persehabatan adalah kekuatan
Percayalah bahwa persahabatan dapat membantu mengatasi kegagalan. Persahabatan dan persaudaraan memiliki kekuatan yang dahsyat sekaligus indah di hati. Oleh karena itulah, saat Anda siap melangkah lebih lanjut, jangan pernah lupa bahwa Tuhan telah menyiapkan sesama untuk menemani dan mendukung Anda di hampir setiap langkah Anda.
6) Jadilah kuat!
Terus berlatih, berlatih, dan berlatih mengasah diri agar dapat menerima kenyataan hidup dan berani menghadapi tantangan. Langkah ini sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tidak menggunakan “topeng” dalam menghadapi kegagalan. Dengan melaksanakan langkah ini, Anda akan menjadi pribadi yang lebih stabil untuk menghadapi kegagalan-kegagalan selanjutnya.
7) Dengar, lihat, dan raih!
Memang tidak ada yang bisa menjamin bahwa proses perubahan Anda akan aman dan berjalan lancar, tetapi satu hal yang pasti adalah kesempatan selalu ada. Oleh karena itulah, mulailah melangkah. Saatnya take action. Langkah untuk beraksi. Ketujuh langkah di atas akan menjadi sia-sia belaka tanpa tindakan.

8) HUKUM 7-7 =8!
7 yang pertama diibaratkan sebagai kegagalan dan 7 yang kedua diibaratkan sebagai usaha. Apabila Anda hanya berpikir 7-7=0 dalam usaha Anda, berarti yang Anda pikirkan hanya menyerah dan menyerah. Cobalah berpikir untuk menjadikan suatu kegagalan menjadi kunci kebangkitan dan kesuksesan, bukan kunci untuk menyerah. Berpikirlah bahwa 7-7=8, di mana saat Anda mengalami 7 kali kegagalan, Anda pasti bisa menciptakan 8 kali kebangkitan pula. Belajar dari pengalaman, teruslah berubah tiada henti menyesuaikan diri terhadap hidup ini dan segala permasalahannya. Maka hukum “gagal usaha=sukses” akan menjadi nyata.

Ingin tau lebih banyak? Baca saja buku berjudul ‘7 Kali Gagal 8 Kali Bangkit’ karya Alex Cheung di perpustakaan Thomas Aquino SMA Katolik St.Louis 1 Surabaya pada bagian rak buku Pendidikan no. 158