Pernah iri terhadap temanmu di kelas yang berhasil mendapatkan nilai A tanpa terlihat stres belajar? Mungkin selama ini kita menganggap bahwa mereka memang terlahir lebih cerdas dari kebanyakan orang. Namun, ternyata tidak demikian. Sebenarnya murid-murid tersebut bukan lebih cerdas, melainkan menguasai cara belajar yang lebih cerdas.  Ingin tahu bagaimana cara mereka belajar? Mari kita simak 6 langkah berikut!

  1. Bacalah Materi Sebelum Pelajaran Dimulai

Terkadang semangat belajar muncul dalam diri kita. Namun, semangat itu berangsur-angsur hilang akibat materi yang disampaikan begitu membingungkan. Oleh karena itu, cobalah untuk membaca bab yang akan dipelajari sebelum gurumu menerangkannya. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah mengikuti dan memahami penjelasan guru saat pelajaran berlangsung.

  1. Carilah Kata Kunci

Apakah kamu tahu bahwa hanya 20% bagian dari buku teks yang memuat informasi penting? 20% itu disebut ‘kata kunci’, sedangkan 80% sisanya adalah kata penghubung yang tidak mengandung informasi penting sama sekali. Umumnya, kata kunci berupa kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan.

  1. Buatlah Catatan Pribadi

Belajar langsung dari buku teks cenderung tidak efektif. Buatlah catatan sendiri untuk lebih mudah memahami materi dan menghemat waktu. Catatan yang baik dapat berupa mindmap, diagram gambar, atau deret waktu. Jangan takut untuk menambahkan unsur gambar dan warna sehingga catatanmu menjadi lebih menarik untuk dipelajari.

  1. Lepaskan Potensi Memorimu

Sebenarnya memori manusia memiliki potensi yang luar biasa, tetapi kebanyakan orang tidak menguasai faktor-faktor yang dapat mengaktifkan kekuatan memori. Faktor-faktor tersebut ialah visualisasi, asosiasi, unsur luar biasa, penggunaan emosi kuat, dan penggunaan nada atau ritme tertentu. Padukan kelima faktor memori untuk memaksimalkan daya ingatmu terhadap segala hal.

  1. Kuasai Cara Menerapkannya

Setelah kamu berhasil mengingat seluruh informasi dalam catatanmu, jangan lupa untuk memastikan kamu bisa menerapkannya dalam ujian. Pelajari langkah memecahkan setiap pertanyaan yang mungkin muncul sehingga kamu dapat menjawab segala macam pertanyaan dengan sempurna.

  1. Revisi dan Mengulang

Penelitian menunjukkan bahwa setelah belajar sesuatu, otak manusia cenderung melupakan 80% informasi dalam 24 jam. Pengulangan adalah kiat paling manjur agar informasi yang kamu pelajari benar-benar tersimpan dalam otakmu. Dengan banyak mengulang, daya ingat dan pemahamanmu akan segar kembali menjelang waktu ujian.

Itulah cara belajar yang dapat membantu setiap orang mendapatkan nilai A. Jadi, mulai sekarang jangan takut dan jangan khawatir untuk belajar karena siapapun dapat menjadi orang cerdas dengan menerapkan langkah-langkah di atas. Jika kamu ingin mengetahui tips-tips sukses lainnya, baca saja buku ‘Secrets of Successful Teens’ karya Adam Khoo dan Gary Lee di Perpustakaan Thomas Aquino SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya pada bagian rak pendidikan nomor 155. Selamat membaca!

Oleh : Liliani Chandranata (X MIPA 5)