Judul              : Holy Mother

Genre              : Misteri, Thriller

Penulis            : Akiyoshi Rikako

Penerjemah    : Andry Setiawan

Penerbit          : Haru

Terbit             : Oktober 2016

Ukuran          : 13 x 19 cm

Tebal              : 284 halaman

Kode Buku    : 813 RIK h

Terjadi pembunuhan mengerikan terhadap seorang anak laki-laki di kota tempat Hanomi tinggal. Korban bahkan diperkosa setelah dibunuh. Berita itu membuat Hanomi mengkhawatirkan keselamatan putri satu-satunya yang dia miliki. Pihak kepolisian bahkan tidak bisa dia percayai. Apa yang akan dia lakukan untuk melindungi putri tunggalnya itu?

Bagi para pecinta novel misteri pasti sudah tidak asing dengan novel yang satu ini. Novel ini ditulis oleh Akiyoshi Rikako, pengarang Girls in The Dark dan The Dead Return. Novel Holy Mother ini merupakan novel terjemahan ketiga karya Akiyoshi Rikako yang telah diterbitkan oleh Penerbit Haru.

“Jika sebelum kelahiran anak itu dalam kuasa Tuhan maka sesudah lahir, anak itu ada dalam kuasa sang ibu. Kalau setelah ini dia bisa melahirkan anak, Honami bertekad dia akan melindungi anaknya dengan seluruh jiwa dan raganya. Apa pun yang terjadi, dia akan terus melindungi anaknya sampai tetes darah penghabisan.” (Halaman 148)

Secara keseluruhan, novel ini menceritakan mengenai misteri kasus penculikan dan pembunuhan anak di kota Aiide dan seorang ibu yang rela melakukan apapun untuk melindunngi anaknya. Penyajian cerita dalam novel ini dapat terbilang cukup unik. Cerita disampaikan melalui tiga sudut pandang yang berbeda, yakni sudut pandang seorang ibu yang menjadi tokoh utama dalam cerita, detektif, dan si pembunuh itu sendiri. Kelebihan utama dari novel ini yaitu plot twist yang jauh dari dugaan pembaca. Sang penulis berhasil membuat plot twist yang rapi dan tanpa celah, sehingga pembaca akan merasa dipermainkan oleh ending yang tidak terduga. Karakter dan beberapa kasus kejadian digambarkan dengan analisis yang mendetail. Bahasa yang digunakan pun cukup sederhana sehingga mudah dimengerti. Kelemahannya yaitu pada penggunaan istilah-istilah ilmiah yang mungkin sulit dicerna oleh pembaca, serta adanya beberapa flash back yang mungkin terkesan cukup membosankan.

“Di sini juga ada… seorang ibu yang rela menjadi iblis demi putrinya.” (Halaman 275)